Beberapa Fakta Seputar Baba Marta

Beberapa Fakta Seputar Baba Marta

Beberapa Fakta Seputar Baba Marta

Beberapa Fakta Seputar Baba Marta, – Tradisi Baba Marta di Bulgaria. Ritual yang paling terkenal dari tradisi ini adalah orang-orang akan mengikatkan gelang serta boneka Pizho dan Penda di pohon-pohon dengan harapan supaya bisa memberi mereka panjang umur dan musim yang sejahtera.

Bulgaria merupakan salah satu negara yang termasuk dalam wilayah negara Balkan. Biasanya negara-negara tersebut memiliki beragam budaya yang unik dan khas. Di Bulgaria kamu bisa menemukan tradisi tahunan yang bernama Baba Marta.

Melansir http://poker88asia.info/, Di tahun 2017, UNESCO telah menetapkan Baba Marta sebagai Warisan Budaya Tak Benda. Apa sih Baba Marta itu? Yuk, simak fakta menariknya berikut ini.

Tanggal 1 Maret ditetapkan sebagai Hari Baba Marta

Baba Marta merupakan tradisi pergantian musim dari musim dingin ke musim semi di Bulgaria. Acara ini dapat berlangsung sepanjang bulan Maret hingga tiba perawalan musim semi. Baba Marta juga disebut sebagai hari libur tertua di Eropa.

Baba Marta digambarkan sebagai nenek tua yang membawa kedamaian

Menurut legenda setempat, Baba Marta dilambangkan sebagai wanita tua yang datang untuk menyingkirkan kedua saudara laki-lakinya yang jahat. Kedua saudaranya itu dilambangkan bulan Januari dan Februari sedangkan si nenek sebagai bulan Maret, karena orang Bulgaria menganggap Maret sebagai satu-satunya bulan wanita. Karena itulah, Baba Marta juga diartikan sebagai Hari Nenek Maret.

Selain membawa perdamaian, sang nenek juga dikatakan memiliki sifat moody

Konon, suasana mood si nenek tua akan berpengaruh pada musim di sana. Saat sedang bahagia, maka langit akan cerah, matahari bersinar, dan angin sejuk. Jika sedang marah, langit berubah menjadi mendung, angin semakin dingin sehingga musim dingin akan semakin lama.

Nenek Marta hanya akan mendatangi rumah yang bersih. Jika masih terdapat rumah yang kotor, ia tak akan datang dan musim dingin menjadi lebih panjang.

Bangau dan pohon bermekaran pertanda musim semi telah tiba

Baba Marta terjadi sepanjang bulan Maret karena saat itulah akhir musim dingin, dan akan berakhir bila musim semi tiba. Tanda-tanda musim semi yang bisa diamati yaitu munculnya sekumpulan bangau, kuncup di pohon mulai terbuka, dan burung layang-layang yang sudah tampak beterbangan. Biasanya momen ini terjadi di awal April sebagai pertanda berakhirnya Baba Marta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *