Kuliner Nusantara Yang Mengandung Kata Pengantin

Kuliner Nusantara Yang Mengandung Kata Pengantin

Nama-nama kuliner pada Indonesia terbilang unik Kamu akan dapati kuliner yang melengkapi dengan kata ‘balap’ seperti lontong balap, nasi balap puyung, dan mi balap. Keyword ‘balap’ membuat kita mudah menghafal namanya sama halnya kuliner yang sebutkan beberapa makanan kuliner.Kuliner Nusantara Yang Mengandung Kata Pengantin mengandung unsur kata pernah dengar atau bahkan mencicipinya Melansir dari https://103.152.118.252/.

Kuliner Nusantara Yang Mengandung Kata Pengantin

Lapis sari pengantin

Menurut https://givernyhome.net/ Lapis sari pengantin merupakan salah satu jenis wadai atau kue tradisional khas Banjar, Kalimantan Selatan. Kue ini terbuat dari perpaduan tepung terigu dan tepung beras, yang memberi pewarna makanan alami. Maka daerah asalnya kue lapis sari pengantin memang menyajikan sebagai hidangan pernikahan. Namun, kue ini juga laris manis sebagai hidangan buka ketika Ramadan tiba.

Es air mata pengantin

Es air mata pengantin populer sekali ke Riau. Minuman penyegar jiwa ini membuat dari agar-agar, nata de coco, dan biji selasih. Dulu, minuman penuh warna ini sering menyajikan ketika masyarakat setempah menggelar acara pernikahan. Karena identik dengan hajatan pernikahan, kuliner ini mulai panggil es air mata pengantin yang menandakan air mata kebahagiaan.

Jenang ketan manten

Dalam bahasa Jawa, manten memiliki arti pengantin. Kuliner yang jadi simbol ikatan hubungan sepasang suami-istri ini sering hidangkan ketika masyarakat Tulungagung ke Jawa Timur menggelar pesta pernikahan. Jenang ketan manten sendiri semacam dodol yang teksturnya lengket dan bercita rasa manis. Keunikan kuliner ini terletak pada pengemasannya yang bungkus besek, wadah terbuat dari ayaman bambu.

Jadah manten

Filosofi jadah manten tak beda jauh dengan jenang ketan manten, yang merekatkan hubungan sepasang suami-istri. Hal tersebut lantaran jadah yang berbahan dari ketan, memiliki tekstur lengket setelah mengolah. Jadah manten juga sering menjadikan sebagai makanan pernikahan ke Yogyakarta. Selain memiliki isi serta bungkus dadar telur, penyajian jadah manten terbilang unik karena capit oleh dua bilah bambu.

Sup manten

Daging ayam yang potong dadu, jamur salju, buncis, wortel, hingga sosis merupakan isian dari sup manten. Sup yang guyur kuah bening berasal dari kaldu ayam ini sering jadi hidangan ke pesta pernikahan orang Jawa Tengah. Meski sederhana, sup manten ternyata penuh makna. Isinya yang beragam jadi simbol perbedaan yang menjadi satu. Penggunaan bumbu yang sederhana juga mengajarkan supaya pengantin agar tetap sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *