Kuliner Sup Khas Filipina Ini Bisa Jadi Pilihan

Kuliner Sup Khas Filipina Ini Bisa Jadi Pilihan

Kuliner Sup Khas Filipina Ini Bisa Jadi Pilihan

Kuliner Sup Khas Filipina Ini Bisa Jadi Pilihan, – Sebagai salah satu kawasan di Asia Tenggara seperti Indonesia, negara satu ini juga memiliki segudang pesona yang sayang jika dilewatkan Tak hanya dari destinasi wisata menawan, salah satu yang harus dijajal adalah makanan khasnya. Rasa eksotis dari makanan Filipina pun cukup cocok untuk lidah orang Indonesia dan kesegerannya bisa saja membuat Anda ketagihan.

Melansir https://status-med.com/, Filipina tidak hanya terkenal dengan keindahan pantainya. Namun Ia juga terkenal dengan ragam kulinernya. Jika kamu sering mencoba berbagai olahan seafood di sana, kali ini sudah saatnya kamu mencoba aneka sup khas Filipina. Tak kalah dari olahan seafood, rasanya juga menggugah selera. tak perlu khawatir dengan terbatasnya pilihan, karena Filipina memiliki olahan sup yang beraneka ragam.

Sinigang na hipon

Sinigang na hipon adalah sup udangnya Filipina. Hidangan ini memiliki cita rasa asam dan gurih yang kuat. Selain udang, sup ini juga berisikan bawang bombay, tomat, buncis dan beberapa sayur lainnya. Jahe dan kecap ikan menjadi salah satu bumbu utama, sementara rasa asamnya berasal dari mangga atau nanas.

Pancit lomi

Pancit lomi merupakan salah satu hidangan mie rebus yang kaya akan rasa. Hidangan ini terbuat dari daging atau ayam dengan irisan hati dan campuran beberapa sayuran. Terkadang ada juga yang menambahkannya dengan HAM atau bakso. Ada banyak variasi dari pancit lomi. Namun umumnya Pancit lomi hadir dengan kuah kental yang didapat dengan menambahkan tepung atau telur ke dalamnya.

Batchoy

Hidangan ini berasal dari La Paz, Iloilo, Filipina. Sup yang satu ini terbuat dari mi telur yang dicampur dengan kaldu ayam, jeroan dan beberapa bumbu. Di beberapa tempat batchoy juga ditambah terasi dan telur mentah.

Tinolang manok

Tinolang manok adalah hidangan yang umum dijumpai di rumah-rumah masyarakat. Ia biasanya menjadi hidangan pembuka atau makanan utama yang lezat. Tinolang manok atau chicken tinola merupakan sup ayam Filipina yang bergizi. Hidangan ini terdiri dari potongan daging dan jeroan ayam yang dimasak dengan kaldu serta tambahan pepaya muda dan berbagai bumbu lainnya.

Sinigang na ulo

Sinigang na ulo merupakan sup dengan cita rasa asam. Rasa asamnya ini berasal dari asam jawa yang mereka sebut dengan sampalok. Sup ini terdiri dari beraneka ragam sayuran seperti paprika hijau, kubis, brokoli, terong, tomat dan lainnya. Tak jarang daging, ikan atau udang ditambahkan ke dalamnya.

Pinapaitan

Kamu penyuka olahan babat, maka pinapaitan bisa dijadikan pilihan. Hidangan ini ini sangat populer di Filipina bagian utara, tepatnya di wilayah Ilocos. Biasanya terbuat dari jeroan sapi atau kambing yang dibumbui dengan asam dan cabai. Uniknya pinapaitan menggunakan cairan empedu sebagai penyedap rasa. Namun terkadang cairan empedu ini juga bisa digantikan dengan pare. Itu kenapa ada sensasi pahit yang unik di dalam hidangan ini.

Olahan sup ini terkenal dengan kelezatannya. Namun bagi umat Muslim, ada baiknya bertanya dulu tentang daging apa yang digunakan pada hidangan ini. Karena selain sapi, terkadang orang-orang Filipina juga menggunakan daging babi untuk bahan masakan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *