Mengenal Pulau Satonda Destinasi Wisata Unik nan Eksotis di Utara NTB

Mengenal Pulau Satonda Destinasi Wisata Unik nan Eksotis di Utara NTB

Mengenal Pulau Satonda Destinasi Wisata Unik nan Eksotis di Utara NTB

Mengenal Pulau Satonda Destinasi Wisata Unik nan Eksotis di Utara NTB – Pulau kecil di provinsi Nusa Tenggara Barat, tepatnya di barat laut Gunung Tambora ini adalah salah satu destinasi unik nan eksotis yang wajib masuk bucket list-mu. Bukan hanya menawarkan potensi wisata yang menjanjikan, Pulau Satonda juga banyak menyimpan cerita misteri yang cukup menarik.

1. Pulau Satonda memiliki danau di tengah-tengah pulau

1. Pulau Satonda memiliki danau di tengah-tengah pulau

Jika kamu pernah mendengar tentang Pulau Kakaban yang berlokasi di Kepulauan Derawan, maka Pulau Satonda juga memiliki bentuk pulau yang mirip dengannya, yaitu adanya danau yang berada di tengah-tengah pulau.

Hanya saja bedanya, jika Pulau Kakaban adalah sebuah pulau karang atau atol, maka Pulau Satonda kabarnya terbentuk dari gunung api purba yang meletus. Letusan dahsyat itu mengakibatkan terbentuknya kaldera, kemudian terisi air hujan, dan akhirnya membentuk danau.

2. Danau di Pulau Satonda memiliki rasa asin

Uniknya lagi, air di danau Satonda tidaklah terasa tawar, melainkan asin seperti air laut. Bahkan, konon kadar garam di danau Satonda lebih tinggi dibanding air laut. Hal tersebut bakal membuatmu lebih gampang mengapung saat berenang di danau Satonda.

Air laut akibat tsunami itulah yang kemudian mengisi danau Satonda dan membuatnya menjadi terasa asin hingga sekarang.

3. Menggantung batu agar doa lekas dikabulkan

Hal unik lainnya yang bisa kamu jumpai di tepi danau adalah adanya banyak bebatuan yang diikat menggunakan tali, kemudian digantung di sebuah pohon bernama pohon Kalibuda. Pohon Kalibuda dianggap keramat oleh masyarakat lokal. Mereka percaya bahwa batu yang digantung di pohon tersebut merupakan lambang doa dan permohonan.

4. Trekking ke atas bukit untuk melihat pulau dan danau Satonda dari ketinggian

Jika berencana melakukan trekking ke atas bukit, pastikan kamu memakai alas kaki yang nyaman dan tetap utamakan kehati-hatian. Sebab kemiringan jalur terbilang cukup terjal. Namun, kamu gak perlu khawatir tersengat sinar matahari karena sepanjang perjalanan adalah hutan yang cukup rimbun sehingga bakal terasa sangat rindang.

5. Pulau Satonda juga asyik buat snorkeling

Setelah mengeksplorasi bagian dalam pulau Satonda, maka jangan sampai melewatkan pesona bawah laut di perairan Pulau Satonda. Hanya berenang sejauh beberapa meter saja dari bibir pantai, kamu sudah bisa menjumpai terumbu karang beserta ikan berwarna-warni yang berenang di sekitarnya.

6. Pulau Satonda tidak berpenghuni

Seperti halnya Pulau Kakaban, Pulau Satonda juga tidak berpenghuni. Namun, karena keunikan yang dimilikinya, pulau ini resmi menjadi Taman Wisata Alam Laut (TWAL) dan menjadi salah satu lokasi konservasi dan laboratorium penelitian.

Terdapat beberapa cottage yang tersedia sebagai fasilitas penginapan para wisatawan yang datang berkunjung. Tapi, jika ingin one day trip ke Pulau Satonda juga gak masalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *