Sepuluh Oleh-oleh Khas Tasikmalaya, Gak Afdal kalau Gak Beli!

Sepuluh Oleh-oleh Khas Tasikmalaya, Gak Afdal kalau Gak Beli!

10 Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya yang Wajib Anda Bawa Pulang - Java Travel

Di lansir dari givernyhome.net, setiap daerah di Indonesia memiliki banyak macam oleh-oleh khasnya. Masing-masing oleh-oleh tersebut tidak mudah di temukan di daerah lain, salah satunya oleh-oleh dari kota Tasikmalaya yang terletak di provinsi Jawa Barat.

Terdiri dari aneka macam camilan lezat dan barang kerajinan tangan yang unik. Oleh-oleh khas Tasikmalaya bisa kamu beli dengan harga yang cukup terjangkau dan tentunya ramah di kantong.

Kira-kira ada apa saja ya? Di kutip dari icilachine.com, berikut ini adalah beberapa macam oleh-oleh Tasikmalaya:

1. Kelom geulis

Pertama ada Kelom Geulis yang merupakan salah satu kerajinan tangan yang terbuat dari kayu mahoni. Pembuatannya masih menggunakan cara tradisional. Dapat di peroleh di daerah Tamansari, Tasikmalaya, harga kelom geulis mulai dari Rp100.000,- per pasang.

2. Payung geulis

Kedua ada kerajinan tangan lain yang bisa di jadikan oleh-oleh yaitu payung geulis. Payung yang menjadi ikon kota Tasikmalaya ini terbuat dari kayu sebagai rangka dan kain bordir sebagai penutupnya. Harganya mulai dari Rp45.000,-

3. Batik Tasikmalaya

Kemudian ada Batik dari Tasikmalaya. Batik ini memiliki beberapa perbedaan dengan batik dari daerah lain dalam segi motif juga warna. Batik ini cenderung menggunakan warna-warna yang lebih cerah, mulai dari kuning, biru, hingga rosca.

Harganya berkisar Rp200.000,- per lembar dan dapat di beli di sentra batik Cipedes, Tasikmalaya.

4. Wajit

Wajit terbuat dari ketan, kelapa, dan gula merah. Cita rasanya manis dengan tekstur yang kenyal. Wajit di jual dengan harga Rp40.000,- per kilogram.

5. Kolontong

Kolontong merupakan kuliner khas Tasikmalaya yang terbuat dari tepung ketan dan gula merah. Sekilas tampilannya menyerupai atau mirip dengan pilus, berbentuk bulat tapi kolontong sedikit memanjang. Cita rasanya manis gurih.

Kolontong dijual dengan harga Rp60.000,- per kilogram.

6. Ladu

Ladu terbuat dari beras ketan, kelapa parut, dan gula aren. Cita rasanya manis nan gurih. Ladu di jual dengan harga Rp35.000,- per box isi 10 buah.

7. Keripik Sukun

Seperti namanya, keripik ini terbuat dari buah sukun yang di iris tipis lalu di beri bumbu. Rasanya lezat dan teksturnya renyah. Harganya berkisar Rp55.000,- per kilogram.

8. Citruk

Citruk merupakan singkatan dari aci ngagetruk. Terbuat dari tepung terigu dan tepung kanji dengan bentuk bundar seperti koin. Ada pula citruk yang berbentung lonjong.

Rasanya gurih pedas dan teksturnya renyah. Harganya Rp90.000,- per kilogram.

9. Sale pisang

Keunikan sale pisang khas Tasikmalaya di banding daerah lain adalah pisangnya di sisir dengan ukuran yang tidak terlalu tebal. Setelahnya jemur pisang tersebut di bawah sinar matahari langsung sampai kering. Setelah kering barulah pisangnya di goreng.

Harganya di banderol sekitar Rp50.000,- per kilogram.

10. Rengginang

Sebagai makanan khas Sunda yang terkenal, menjadikan rengginang sebagai oleh-oleh setelah berkunjung ke Tasikmalaya adalah pilihan yang tepat. Terbuat dari beras ketan, rengginang memiliki rasa gurih dan tekstur yang renyah. Harganya sekitar Rp40.000,- per kilogram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *